Apa Keuntungan Menggunakan Content Marketing

 


Keuntungan Menggunakan Content Marketing

Sebuah studi dari Statista menyatakan di tahun 2022, sebanyak 5.3 Milliar orang di dunia menggunakan internet untuk berbagai kebutuhan, jumlah pengguna internet yang cukup banyak ini didapatkan mengingat kemudahan dalam menggunakan internet yang bisa diakses melalui handphone yang ada di tangan anda.

Kemudahan dalam menggunakan internet juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai kegiatan di internet, misalnya saja melakukan analisa mengenai produk yang diinginkan dan melakukan pembelian di internet secara daring, sehingga tidak memakan waktu untuk mencari barang di luar rumah.

Tidak hanya itu, banyak juga pelaku usaha yang merasakan manfaat dari internet, dimana mereka bisa melakukan pemasaran secara daring dan mendapatkan hasilnya dari transaksi jual beli yang dilakukan secara daring melalui promosi menggunakan content marketing yang tepat.

Penggunaan content marketing yang unik dan sesuai keinginan konsumen juga memberikan keuntungan bagi pelaku usaha yang melakukan promosi di internet, diantaranya adalah :

Membangun Kepercayaan dengan Konsumen

Saat pertama kali melakukan promosi di internet dan social media, tentunya tidak banyak orang yang mengetahui produk yang dimiliki, karena belum memiliki jumlah konsumen yang banyak di internet, kurangnya jumlah konsumen ini juga membuat orang lain masih belum percaya dengan produk dan layanan yang ditawarkan.

Namun, masalah ini bisa dihadapi apabila anda menggunakan content marketing yang tepat dna menunjukkan antuasiame konsumen pada produk yang ditawarkan secara langsung.

Misalnya saja anda memberikan testimoni konsumen melalui konten video yang menunjukkan kenikmatan konsumen saat mencoba produk yang dimiliki, tampilan ini akan membuat penonton penasaran serta tertarik untuk mememsan dan mencobanya secara daring.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menunjukkan bagaimana konsumen mendaparkan hasil dari layanan yang diberikan oleh suatu brand, testimoni yang baik tentunya akan membuat orang lain tertarik untuk mencoba layanan yang dipromosikan di internet dan social media.

Mendorong Promosi Melalui Konsumen

Melakukan pemasaran di internet dan social media tidak hanya bisa dilakukan oleh kreator atau pelaku usaha secara mandiri, namun anda juga perlu membutuhkan bantuan dari pengikut akun anda yang telah mengetahui produk anda lebih dalam.

Hal ini dikarenakan pengguna internet lebih menyukai ulasan yang diberikan oleh konsumen dibandingkan dari akun social media brand atau mendapatkan rekomendasi dari teman terdekat yang sudah mencoba produk tersebut sebelumnya.

Testimoni jujur dari konsumen juga menjadi pendorong bagi pengguna internet untuk mencoba produk tersebut, meskipun belum pernah mendengar nama brand tersebut sebelumnya.

Anda juga bisa melakukan promosi melalui konten testimoni yang telah diunggah oleh konsumen dan mengunggahnya kembali ke akun social media yang dimiliki, sehingga membuat pengikut akun social media yang belum pernah membeli produk anda semakin berminat untuk membelinya.

Tidak hanya itu, anda juga dapat mengumpulkan ulasan konsumen yang ditulis di social media atau kolom ulasan produk di akun marketplace untuk meningkatkan kepercayaan konsumen yang lebih baik.

Menampilkan Keahlian yang Dimiliki

Internet dan social media tidak hanya digunakan sebagai media promosi untuk akun brand tertentu, namu juga bisa digunakan oleh profesional yang memiliki keahlian di bidang tertentu.

Contohnya adalah influencer social media yang aktif mengunggah konten untuk membahas suatu topik tertentu yang tengah ramai di kalangan komunitasnya, pendapat dari influencer atau key opinion leader biasanya mendapatkan perhatian khusus karena memiliki pengaruh yang lebih besar serta memiliki keahlian di bidang tertentu.

Sehingga apabila anda memiliki keahlian di bidang tertentu maka anda bisa membagikan pemikiran anda ke pengguna internet melalui content marketing yang sesuai agar mudah dipahami oleh pengikut yang dimiliki.

Misalnya saja anda ingin membagikan pendapat mengenai topik tertentu yang sedang viral di kalangan pengguna internet, maka anda bisa memanfaatkan situs blog yang dimiliki untuk mengutarakan pendapat melalui tulisan yang menarik untuk dibaca beserta berbagai data yang mendukung.

Namun apabila anda merupakan influencer social media, maka anda bisa memanfaatkan berbagai fitur social media untuk membuat konten yang dapat menyampaikan pendapat anda ke pengikut yang dimiliki.

Akan tetapi apabila anda kurang tertarik untuk ikut berbagi pendapat mengenai masalah tertentu di social media, maka anda cukup memamerkan keahlian yang dimiliki di social media menggunakan content marketing yang tepat.

Contohnya adalah anda membagikan resep memasak masakan sehat untuk keluarga melalui konten video yang diunggah di Instagram, Tiktok, atau Youtube, dimana konten ini sering dicari oleh ibu rumah tangga yang sedang mencari ide masakan yang disukai oleh keluarga.

Apabila anda telah memiliki pengaruh yang lebih besar dan pengikut yang lebih banyak, maka tidak menutup kemungkinan untuk diajak kolaborasi promosi produk dengan brand lain, sehingga anda mendapatkan uang dari internet.

Meningkatkan Penjualan Secara Drastis

Saat ini hampir semua pelaku usaha melakukan promosi melalui social media atau internet untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak dari jangkauan internet yang luas.

Hal ini juga di dukung oleh kebiasaan baru konsumen yang melakukan analisa produk terlebih dahulu di internet sebelum akhirnya memutuskan untuk membelinya secara daring atau langsung di toko fisik, sehingga melakukan promosi di internet akan membantu untuk menaikkan penjualan secara drastis karena telah terbangun kepercayaan konsumen yang kuat berkat ulasan dari pembeli sebelumnya.

Munculnya trend social commerce dimana penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi di social media juga menjadi faktor pendukung meningkatnya penjualan pelaku usaha di social media.

Hal ini dikarenakan konsumen bisa membeli produk keinginan yang ditawarkan saat melihat berbagai konten social media dan bisa membelinya saat itu juga tanpa perlu meninggalkan konten yang disukai, trend ini juga dapat membantu meningkatkan penjualan konsumen yang aktif melakukan promosi di social media.

10 Digital Marketing Tools Untuk Memulai Bisnis Online


Kenapa, sih, marketing tools itu penting?

Penjual nasi goreng keliling membutuhkan gerobak untuk menjajakan dagangannya. Seseorang yang ingin membuka kursus bahasa Inggris sendiri membutuhkan brosur dan koneksi teman-teman untuk memperkenalkan usahanya ke dunia luar.

Sama halnya dengan Anda yang ingin bisnisnya merambah dunia digital. Pastinya membutuhkan digital marketing tools untuk mendatangkan trafik ke website bisnis yang dibangun, menambah pelanggan, menjual produk ke target konsumen yang tepat, dan sebagainya.

Memang Anda butuh strategi marketing yang tepat sasaran. Tapi, Anda tidak mungkin menjalankan semuanya dengan cara manual, kan? Sudah tentu Anda butuh marketing tools untuk mempermudah kegiatan bisnis, seperti menyebarkan newsletter ke puluhan bahkan ratusan klien sekaligus, melacak behaviour pembeli, atau mencari tahu jumlah trafik organik yang datang ke website tiap minggu atau bulannya.

Berikut daftar digital marketing tools untuk bantu Anda mengelola bisnis:

  1. Hootsuite.
  2. Mailchimp.
  3. Google Analytics.
  4. Google Ads.
  5. Ahrefs.
  6. SEMRush.
  7. Canva.
  8. Unsplash.
  9. SurveyMonkey.
  10. Monday.

Agar penggunaan alat pemasaran ini bisa lebih maksimal, Anda harus tahu apa itu digital marketing terlebih dulu. Mengapa? Alasannya simpel! Supaya Anda tahu apa yang sedang dilakukan, apa yang akan diraih, dan strategi seperti apa yang baiknya dijalankan.

Pun kesepuluh tools ini tak hanya untuk UMKM dan perusahaan besar saja. Tapi kalian yang sedang belajar digital marketing juga bisa memanfaatkannya.

LANJUT >>


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Post ADS 7
Post ADS 7
Post ADS 7